Modulasi pada Teknologi Wireless

Frequency Hopping Spread Spectrum (FHSS)

FHSS merupakan teknik modulasi yang menggunakan teknik lompatan frekuensi dengan pola tertentu pada sinyal carrier untuk membawa data informasi. Sinyal carrier akan membawa informasi dengan cara melompat-lompat pada segmen-segmen di frekuensi. Pola lompatan hanya diketahui oleh pengirim dan penerima dalam satu periode komunikasi. Jika ada user yang menggunakan jaringan yang sama maka komunikasinya akan membentuk pola lompatan yang berbeda dengan yang lainnya. Untuk ilustrasi dapat dilihat pada video berikut:

Direct Sequence Spread Spectrum (DSSS)

DSSS merupakan suatu metode untuk mengirimkan data informasi yang menggunakan set pita frekuensi yang sama dan menggunakan chip code untuk mengubah fasa pada sinyal termodulasi. Metode ini digunakan pada 802.11 b/g

Orthogonal Frequency Division Multiplexing (OFDM)

OFDM merupakan metode yang diterapkan salah satunya pada IEEE 802.11a. OFDM menggunakan LSB (Least Significant Bit) dan MSB (Most Significant Bit) pada proses mengirim data informasi menggunakan sinyal carrier. Teknik modulasi yang dilibatkan antara lain BPSK (Binary Phase Shift Keying), QPSK (quadrature phase shift keying), QAM (quadrature amplitude modulation) dimana ilustrasinya dapat dilihat pada video berikut:

Referensi :

http://web.mit.edu/6.02/www/f2006/handouts/net_L4.pdf

https://fit.labs.telkomuniversity.ac.id/jenis-jenis-modulasi-sinyal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *