Merokok, Kenikmatan Nyata Atau Semu?

Merokok adalah aktivitas yang biasa dilakukan oleh masyarakat di Indonesia, terutama kaum pria. Sebagian dari mereka memiliki persepsi bahwa merokok adalah suatu kebutuhan hidup yang penting. Bagi perokok aktif yang sudah lama, maka meninggalkan aktivitas merokok seperti meninggalkan aktivitas primer dalam hidupnya. Namun secara logis, apakah merokok itu memberikan kenikmatan yang nyata atau justru malah memberikan kenikmatan semu yang merugikan kesehatan si perokok? Berikut adalah beberapa fakta tentang merokok.

Rokok berbahaya bagi jantung

Karbon monoksida yang dihasilkan rokok diserap mengurangi jumlah oksigen di dalam darah. Sedangkan nutrisi dan oksigen merupakan pasokan utama dari jantung. Sehingga jika jumlah oksigen dalam darah sedikit, otomatis pasokan oksigen ke jantung juga berkurang. Dampaknya adalah terjadi penyempitan arteri yang berakibat pada serangan jantung dan stroke. Selain itu, nikotin pada rokok juga menstimulasi adrenalin dalam tubuh. Hal tersebut membuat jantung berdetak lebih kencang dan dalam jangka waktu lama dapat berakibat ke tekanan darah si perokok.

Osteoporosis

Merokok dapat membuat tulang lemah dan rapuh. Wanita yang merokok lebih rentan terhadap osteoporosis dan patah tulang.

Merusak kulit

Merokok menyebabkan oksigen dalam darah berkurang. Kulit membutuhkan oksigen untuk tetap sehat. Jika pasokan oksigen ke kulit berkurang maka berdampak pada penuaan dini dan membuat kulit lebih kusam. terutama di sekitar mata dan mulut.

Diabetes

Merokok berkontribusi terhadap diabetes tipe 2 dan meningkatkan risiko komplikasi penyakit. Hal tersebut disebabkan kurangnya distribusi darah ke beberapa bagian tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *