Menghitung Kalori Tanpa Alat

Ketika melakukan program diet, tentu kegiatan tersebut tidak dapat dipisahkan dari proses menghitung kalori pada makanan. Tubuh mengalami pertambahan berat badan jika kita mengkonsumsi makanan dengan jumlah kalori yang sangat tinggi. Untuk mengurangi berat badan (cutting) maka kita harus mengkonsumsi makanan dengan jumlah kalori defisit sehingga tubuh akan menggunakan lemak sebagai bahan bakar untuk menjalani aktivitas kita. Jumlah defisit kalori untuk program penurunan berat badan (cutting) yang normal adalah sekitar 500 kalori. Kebutuhan kalori di dalam tubuh disesuaikan dengan berat badan, tinggi badan, usia dan aktivitas tubuh.

Untuk kandungan makanan pada jenis karbohidrat mengandung 4 kalori/gram, protein mengandung 4 kalori/gram dan lemak mengandung 9 kalori/gram. Sehingga jika kita memakan makanan dengan komposisi karbohidrat sebesar 3 gram + protein 2 gram + lemak 5 gram maka total kalori yang kita masukkan ke dalam tubuh adalah :

Kalori Karbohidrat = 3 x 4 = 12 kalori

Kalori Protein =2 x 4 = 8 kalori

Kalori Lemak = 5 x 9 = 45 kalori

Sehingga total kalori adalah 65 kalori.

Namun menimbang makanan yang kita konsumsi adalah hal yng bagi sebagian orang sulit dilakukan karena membutuhkan alat berupa timbangan. Oleh karena itu ada beberapa estimasi yang dapat digunakan untuk memperkirakan jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh kita dari makanan yang kita konsumsi.

Nasi Putih

10 sendok makan nasi putih setara dengan 100 gram nasi dan setara dengan dua centong kecil penuh setara dengan 175 kkal.

Nasi Uduk

100 gram setara 232 kkal

Roti Tawar Putih

1 lembar setara 25 gram setara 66kkal

1 thought on “Menghitung Kalori Tanpa Alat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *